Tau Lebih Jauh tentang Kosmetik ‘Hijau’
Friday, 22 April 2016
BEAUTY
TAU LEBIH JAUH TENTANG KOSMETIK ‘HIJAU’
1

Saatnya kamu lebih peduli dengan kelestarian alam dan Bumi tercinta! Salah satu caranya yaitu dengan memilih menggunakan produk-produk makeup dan skin care yang aman, alami, serta ramah lingkungan. Bahkan sederet brand ternama kini berlomba-lomba mengusung konsep eco-friendly.

Namun sebelum memilih, ada baiknya yuk kita belajar istilah-istilah yang sering dipakai di produk-produk make-up dan skin care eco-friendly yang beredar di pasaran.

Cruelty-free

Ini menandakan bahwa produk nggak menggunakan hewan sebagai bahan percobaan dan nggak menggunakan hewan, terutama hewan-hewan yang dilindungi, sebagai bahan-bahan dasar produk. Beberapa produsen ada pula yang secara ekstrem menuliskan “Against Animal Testing”. Selain itu, ada juga label “Not Tested on Animal”, “No Animal Ingredients”, dan “Leaping Bunny” yang memiliki maksud dan arti yang kurang-lebih sama.

Organic

Produk ini menggunakan bahan-bahan murni ada dari alam tanpa adanya unsur kimia buatan sebagai kandungan utamanya, seperti biji-bijian, akar, bunga, atau buah dari tumbuhan yang terbebas dari pestisida dan pupuk kimia. Produk berlabel organik menjamin bahwa bahan-bahan yang digunakan benar-benar asli dibuat bahan alami yang kemudian diolah menggunakan standar organik.

Vegan

Produk ini hanya menggunakan bahan utama yang berasal dari nabati, terutama sayuran dan buah-buahan. Meski bahan-bahan yang digunakan adalah murni tumbuhan alami, namun belum tentu tumbuhannya ditanam dan diproses dalam standar organik.

Recyclable & Reusable Packaging

Produk ini dikemas dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan dapat dipakai berulang kali sebagai wadah penyimpanan lain. Kalau kamu takut untuk menimbun banyak sampah kemasan kosmetik, kamu bisa mengembalikan kemasan bekas pakai ke outlet brand tersebut.

Low Carbon Footprint

Kamu pasti sudah belajar di sekolah tentang efek rumah kaca, terutama gas CO2 yang memicu global warming. Nah, gas karbon ini juga dihasilkan dari kegiatan manusia sehari-hari dan disebut sebagai jejak karbon. Untuk kosmetik ‘hijau’, langkah-langkah mengurangi jejak karbon salah satunya adalah menggunakan transportasi yang berefek minimal bagi lingkungan saat mendistribusikan produk, menggunakan bahan-bahan baku lokal, dan lainnya.

Dengan mulai beralih menggunakan produk perawatan kulit yang eco-friendly, secara nggak langsung kamu berperan serta dalam menyelamatkan hidup bumi ini.

Comment