Perawatan Alami dengan Buah Kelapa
Monday, 02 November 2015
BEAUTY
PERAWATAN ALAMI DENGAN BUAH KELAPA
0

Begitu banyak manfaat pohon kelapa. Mulai dari akar, batang, daun, tulang daun, hingga buahnya dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna. Buah yang murah dan mudah didapat di seluruh pelosok Nusantara ini juga berguna banget sebagai bahan perawatan kecantikan. Selain alami, pemanfaatannya pun nggak sulit.

Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa memiliki rupa bening, bersih, dan beraroma manis. Proses pembuatannya dari endapan santan. Tapi nggak perlu repot, minyak kelapa murni siap pakai sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan. Bisa digunakan untuk:

•    Mengobati tumit pecah.
Campur sedikit minyak kelapa dengan Marina Hand & Body Lotion kesukaanmu, olesk di bagian tumit dan telapak kaki yang kasar sebelum tidur, diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas tumit dan kaki lalu oleskan kembali  Marina Hand & Body Lotion.

•    Menyamarkan kulit yang menggelap.
Nggak pede karena warna kulit bagian siku, lutut, leher, atau ketiak menggelap? Ini ada cara menyamarkannya. Campurkan air lemon dan minyak kelapa, lalu oleskan di kulit yang menggelap sambil gosok lembut. Diamkan sesaat lalu bilas.

Air Kelapa
Minum air kelapa menyegarkan banget, kan? Karena memang dalam air kelapa terkandung banyak nutrisi seperti kalsium, Vitamin C, Vitamin B zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng. Air kelapa juga tinggi antioksidan yang membantu menjaga     kekebalan tubuh dan keremajaan kulit, bikin kulitmu bersih dari jerawat dan gangguan kulit lainnya. Mengonsumsi air kelapa tanpa tambahan gula akan membersihkan sistem pencernaaan (detox). Pas banget untuk yang ingin mengurangi berat badan. 


Ampas Kelapa
Sangat banyak masakan Indonesia yang menggunakan bahan dasar santan. Nah, hasil parutan daging buah kelapa yang sudah peras santannya ini ternyata masih dapat digunakan lagi untuk perawatan tubuh.

•    Mengurangi produksi minyak di wajah.
Gunakan sebagai masker. Tambahkan sedikit air ke ampas kelapa, oleskan di wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

•    Menghaluskan kulit tubuh.
Teteskan minyak kesukaanmu, seperti minyak lavender, minyak zaitun, atau minyak lemon, ke ampas kelapa, lalu aduk rata. Gunakan campuran ini sebagai scrub. Gosok lembut ke seluruh tubuh sampai mengering dan rontok. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas. 

•    Pelembap rambut.
Untuk rambut yang cenderung kering, ampas kelapa bisa digunakan sebagai conditioner alami. Cuci rambut dengan sampo lalu balurkan ampas kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur, rambutmu akan lebih berkilau, lembap, dan mudah diatur. 

Banyak sekali ya, manfaat buah kelapa untuk kecantikan. Yuk, dicoba..

Comment