Pentingnya Membersihkan Wajah
Friday, 02 December 2016
BEAUTY
PENTINGNYA MEMBERSIHKAN WAJAH
0

Setelah beraktivitas seharian di luar di bawah sengatan matahari, wajah kita jadi terasa kotor dan ‘tebal’. Ini karena debu dan kotoran yang melekat di wajah, bisa karena keringat atau produksi minyak. Belum lagi sisa-sisa makeup yang menempel tanpa terasa di wajah.

Jangan malas untuk membersihkannya. Soalnya, debu, kotoran dan sisa makeup akan bercampur dengan sel kulit mati yang menumpuk, sehingga kulit wajah pun jadi terlihat kusam. Jika dibiarkan terus, kulit bisa berjerawat, muncul komedo, dan terlihat tidak segar.

Bersihkan Secara Rutin
Untuk menghindari munculnya masalah di kulit wajah, kita harus membiasakan diri untuk membersihkan wajah secara rutin. Idealnya adalah dua kali sehari, yaitu saat pagi hari untuk mengawali perawatan kulit wajah, lalu pada sore/malam hari untuk membersihkannya. 

Kenapa hanya dua kali? Karena jika terlalu sering dibersihkan, kelembapan alami wajah bisa terkikis. Tapi jika wajah kita kotor banget, boleh kok, dibersihkan dengan membasuhnya dengan air atau dilap dengan kain yang lembap.

5 Langkah Membersihkan Wajah
Kulit wajah kita lebih sensitif dari kulit tubuh, jadi membersihkannya pun nggak boleh sembarangan. Ada cara yang harus diikuti agar wajah bisa bersih secara menyeluruh. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Cuci tangan dengan sabun sebelum membersihkan wajah, agar kotoran dan bakteri di tangan hilang.
     
  2. Jika menggunakan makeup tebal, bersihkan dulu sisa makeup dengan makeup remover atau susu pembersih. Caranya, bubuhkan pembersih makeup di kapas, lalu usapkan kapas ke seluruh permukaan kulit wajah sampai makeup terangkat.
     
  3. Basuh muka dengan air hangat, fungsinya untuk membuka pori-pori wajah, sehingga kotoran yang ‘bersembunyi’ di pori-pori bisa terangkat.
     
  4. Gunakan facial foam untuk membersihkan wajah, seperti Marina UV White Facial Foam Bright & Fresh yang bisa membersihkan wajah secara menyeluruh dan tidak kering di wajah. Kandungan lemon, mulberry, dan vitamin B3 di dalamnya akan membuat wajah terlihat cerah dan bersinar.

    Jangan pernah bersihkan wajah dengan sabun mandi, ya. Bahan-bahan di dalam sabun mandi terlalu keras bagi kulit wajah sehingga bisa menghilangkan kelembapan alami kulit wajah, membuatnya kulit kering dan kasar. Belum lagi jika bahannya tidak cocok bisa menyebabkan iritasi.
     
  5. Basuh wajah dengan air dingin. Selain menyegarkan, membasuh wajah dengan air dingin akan mengecilkan pori-pori wajah. Keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut.

Setelah bersih, wajah pun siap untuk langkah perawatan selanjutnya, yaitu melembapkannya. Untuk perawatan melembapkan wajah, bisa dilihat di sini ya, Girls… 

Comment