I Woke Up Like This
Thursday, 30 April 2015
BEAUTY
I WOKE UP LIKE THIS
10

Tahun lalu, mendadak aja ada tren  foto selfie yang diambil begitu seseorang bangun tidur, lalu di-upload ke social media berikut hashtag "I woke up like this” untuk menunjukkan betapa flawless-nya mereka saat baru bangun tidur. Mungkin kamu menganggap foto ini tipuan. Padahal sebenarnya, kamu beneran bisa tampil flawless saat bangun tidur dengan wajah  segar dan kulit yang sehat bercahaya. Rahasianya: tidur yang cukup dan berkualitas.

Tidur, Saat Tubuh Memperbaiki Diri
Kamu mungkin pernah merasakan tidak enaknya kurang tidur. Tak hanya tubuh merasa lelah karena kurang istirahat, kulit juga terlihat lelah, kusam, dan bahkan seperti menua. Selain itu, kulit sekitar mata terlihat menggelap seperti mata panda. Sama sekali nggak cantik.

Untuk mengetahui penyebabnya, kamu harus ingat pelajaran di sekolah yang mengatakan kalau tubuh manusia memperbaiki diri dengan melakukan regenerasi sel-sel saat tidur pada malam hari. Sel-sel yang rusak diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Selain itu, seluruh otot tubuh beristirahat dan beberapa hormon muncul atau diproduksi.

Agar bisa memperbaiki diri dengan optimal, tubuh butuh waktu tidur yang jumlahnya bisa berbeda pada setiap orang. Umumnya, waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah antara 7-8 sehari. Sebagai tanda kalau tidurmu cukup dan berkualitas, kamu akan merasa segar saat bangun dan tak mudah mengantuk pada siang harinya.

Agar Tidur Berkualitas

  • Ngantuk merupakan pertanda dari tubuh kalau kamu harus tidur. Dengarkan dan patuhi, ya.  
  • Buat jadwal teratur untuk tidur. Kamu sebaiknya tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, termasuk saat weekend.
  • Kalau sulit tidur, coba dengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur. Ini akan membantu pikiranmu relaks.
  • Hindari makan sesuatu sesaat sebelum tidur karena dapat membuat pencernaanmu menjadi aktif. Tak hanya itu, kandungan gula dalam darah juga akan naik sehingga kamu jadi sulit tidur.
  • Matikan lampu dan TV, serta jaga agar tidak ada suara-suara berisik yang dapat mengganggu tidurmu. Matikan juga peralatan elektronikmu yang lain, ya!

 

Comment