Cuka Apel: Ramuan Alami untuk Perawatan Kulit
Monday, 19 October 2015
BEAUTY
CUKA APEL: RAMUAN ALAMI UNTUK PERAWATAN KULIT
0

Punya masalah kulit? Coba lihat di dapur Mama, karena tanpa kamu sadari, ada produk yang bisa kamu manfaatkan sebagai perawatan kulit yang paling alami, efektif, dan aman, yaitu cuka apel. Cuka apel punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk kulit. Di antaranya adalah:

  • Mengatasi kulit kasar atau bersisik.
    Cuka apel membantu melarutkan sel kulit mati yang menyebabkan kulit terasa kasar. Buat lulur atau scrub dari campuran tepung beras, madu, minyak zaitun, dan cuka apel. Aduk rata semua bahan hingga mendapat tekstur pasta. Gunakan sebagai lulur untuk seluruh tubuh atau bagian kulit yang terasa kasar. Gosok lembut sampai setengah mengering dan rontok, lalu bilas.
  • Mengatasi gangguan kulit.
    Saat mengalami gejala alergi, biasanya kulit akan terasa gatal dan kemerahan. Cobalah mandi dengan air hangat yang sudah dicampur dengan cuka apel. Larutan air ini juga bisa dipakai untuk bilasan setelah keramas, fungsinya untuk mengembalikan cahaya rambut, melembapkan kulit kepala, dan membersihkan kulit kepala dari ketombe.
  • Memperbaiki tekstur kulit.
    Kandungan senyawa anti peradangan dalam cuka apel berguna untuk meringkas pori-pori. Saat kulitmu terasa terlalu berminyak, gunakan cuka apel sebagai face tonic. Tuang cuka di kapas, oleskan di kulit wajah, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan hal yang sama di bagian tubuh yang terdapat selulit atau varises. Dengan penggunaan yang rutin, selulit dan varises akan berkurang.
  • Membunuh bakteri.
    Wajah yang rutin dibersihkan dengan cuka apel juga lebih aman dari serangan bakteri penyebab jerawat. Merendam kaki dan tangan dalam larutan air dan cuka apel juga bisa bikin kulit lebih lembut dan terhindar dari bau tak sedap akibat bakteri.

Comment