Bercukur yang Aman dan Bebas Iritasi
Tuesday, 24 May 2016
BEAUTY
BERCUKUR YANG AMAN DAN BEBAS IRITASI
0

Bulu-bulu yang tumbuh nggak beraturan di tubuh sering kali mengganggu penampilan. Agar kulit tubuh terlihat mulus tanpa bulu, kamu harus melakukan perawatan secara berkala, salah satunya dengan cara bercukur. Meski hasilnya nggak permanen sehingga harus dilakukan rutin, mencukur adalah cara yang paling mudah, murah dan praktis dalam menghilangkan bulu.

Berikut ini adalah beberapa tip mencukur bulu yang aman dan benar.

  1. Siapkan pisau cukur. 
    Pastikan kamu menggunakan pisau cukur yang baru atau paling tidak masih tajam. Hindari menggunakan pisau cukur yang sudah dipakai berulang kali karena ketajaman pisaunya telah berkurang sehingga hasilnya kurang maksimal. Lakukan pencukuran minimal seminggu sekali untuk mencegah bulu tumbuh lebat.
     
  2. Basahi area kulit. 
    Lakukan kegiatan mencukur saat setelah mandi atau saat kulit dalam keaadaan basah dan lembap. Ini agar pori-pori kulit dan folikel rambut terbuka sehingga meminimalkan kulit iritasi atau luka saat bercukur.
     
  3. Oleskan krim cukur. 
    Olesi krim cukur di area kulit yang ingin dicukur. Krim ini berfungsi sebagai pelembap yang mempersiapkan kulit dan memudahkan proses pencukuran. Hindari mencukur dalam kulit keadaan kering, karena bisa bikin hasil cukuran terasa kasar dan rentan teriritasi. Kalau kepepet, krim cukur bisa diganti sesuatu yang creamy atau berminyak, seperti kondisioner, minyak kelapa, atau sabun cair yang formulanya lembut.
     
  4. Teliti dan sabar. 
    Cukur bulu dari arah yang sama, mulai dari arah bawah ke atas atau berlawanan arah tumbuh bulu. Hindari terburu-buru mencukur dan pastikan nggak ada area yang terlewat. Selain bikin hasilnya kurang rapi dan bersih, kulit juga terlihat kasar serta berisiko iritasi.
     
  5. Beri ekstra pelembap.
    Sehabis bercukur, kulit terlihat sangat kesat dan bersih. Ini ternyata karena pisau cukur juga ‘mengangkat’ sebagian pelembap alami kulit. Karena itu, kamu harus segera mengoleskan hand & body lotion yang bisa membantu menjaga kelembapan kulitmu, seperti Marina Hand & Body Lotion Natural Rich Moisturizing. Kandungan Natural Moisturizing Complex paduan avocado, olive, dan Vitamin E) di hand & body lotion ini memberikan kelembapan ekstra serta bikin kulit tetap terasa lembut terutama setelah bercukur. Formula 24h Moisturizing menjaga kelembapan sampai lapisan kulit terdalam selama 24 jam.
     

Note: Kamu bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk mencukur bulu di daerah kewanitaan, namun harus lebih berhati-hati dan lebih lembut saat melakukannya, ya. Kalau bulunya sudah terlanjur panjang, potong dulu sampai panjangnya sekitar ½ cm baru deh dicukur. Setelahnya, tetap oleskan pelembap ya, Girls.
 

Ingrown Hair Akibat Salah Bercukur

Ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan berhubungan tentang mencukur bulu, yaitu ingrown hair (bulu yang tumbuh ke arah dalam). Salah satu penyebab ingrown hair adalah kesalahan dalam proses mencukur yaitu pisau cukur menggores bagian pori-pori. Akibatnya, folikel rambut ikut terbawa kemudian menutup sehingga pertumbuhan bulu menjadi ke dalam kulit bukannya ke arah luar.

Untuk mencegah ingrown hair (bulu yang tumbuh ke arah dalam), rajin lakukan scrubbing agar bulu yang cenderung tumbuh ke arah dalam kembali normal pertumbuhannya. Tapi ingat, jangan lakukan scrubbing setelah mencukur karena pori-pori kulit masih terbuka dan sensitif.

Comment