Apik Merawat Perlengkapan Cantik
Wednesday, 13 January 2016
BEAUTY
APIK MERAWAT PERLENGKAPAN CANTIK
1

Shower puff, sisir, spons bedak, dan berbagai peralatan kosmetik adalah perangkat yang kita pakai tiap hari untuk membersihkan dan mempercantik tubuh. Sayangnya, seringkali kita nggak tahu cara merawatnya. Padahal, perlengkapan cantik tersebut harus dirawat dengan baik supaya tetap bersih dan bebas bakteri. 

1. Shower puff, loofah, dan spons mandi.
Karena setiap hari disimpan di dalam kamar mandi yang lembap, maka ketiga peralatan mandi ini rentan menjadi sarang bakteri dan jamur. Idealnya, ganti shower puff dan loofah setiap 3 minggu, juga ganti spons mandimu setiap 6-8 minggu. Tapi kalau ingin berhemat, kamu bisa mencuci ketiga alat mandi tersebut seminggu sekali. Dengan begitu, ketiganya bisa awet dipakai sampai 3 bulan. 

2. Sisir.
Setiap hari, rambut kita meninggalkan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati di sela-sela sisir. Kalau dibiarkan, maka semua kotoran itu akan kembali berpindah ke rambut. Cuci sisir secara rutin dengan merendamnya di dalam air hangat dengan sedikit campuran shampo atau sabun cair. Biarkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu sikat sela-selanya. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk. 

3. Spons bedak.
Kalau tidak dibersihkan secara berkala, spons bedak dapat menjadi sarang gumpalan bedak, debu, dan sel-sel kulit mati. Bahkan, bisa jadi sarang bakteri! Bersihkan paling tidak setiap dua minggu sekali, dengan cara merendamnya di dalam larutan air sabun yang hangat selama 30 menit. Setelah itu, peras berulang kali sampai kotoran benar-benar keluar, bilas dengan air yang mengalir, lalu jemur sampai benar-benar kering. 

4. Kuas makeup.
Bersihkan kuas make up dengan menggunakan brush cleanser atau shampo bayi seminggu sekali. Jangan memeras atau menekan terlalu kuat agar bulu kuas tidak lepas/rontok. Bilas dengan cara mengaduknya di dalam wadah berisi air hangat, lalu keringkan. Hindari mengeringkannya dengan membaringkan kuas karena dapat mengundang tumbuhnya jamur dan merusak perekat bulu kuas yang ada di dalamnya. Keringkan dengan cara digantung menghadap ke bawah.

Ayo mulai bersih-bersih dari sekarang!

Comment