10 Perayaan International Women’s Day 2018 di Seluruh Dunia
Wednesday, 21 March 2018
BEAUTY
10 PERAYAAN INTERNATIONAL WOMEN’S DAY 2018 DI SELURUH DUNIA
0

Bulan Maret masih belum berakhir nih girls, di bulan ini kita masih bisa bahas momen-momen perayaan International Women’s Day 2018. Nah, ada tujuh perayaan IWD yang terjadi di seluruh dunia. Let’s see which countries celebrate this day and how they do it.

1. WASHINGTON

Di Washington ngadain symposium yang berkolaborasi sama empat orang perempuan yang menginspirasi. Ke-empat perempuan ini ngomongin tema tentang worthiness. As we know dengan banyaknya gerakan #MeToo, #TimesUp, dan yang lainnya, kita jadi di-encourage untuk lebih berani ngomong kalo pernah jadi korban sexual harassment. Di symposium ini make slogan “worth listening to” yang nunjukin ke kita kalo perempuan itu layak didengarkan.

2. JAKARTA

Di Jakarta sendiri kita juga ngadain perayaan International Women’s Day dengan berbaris dan berjalan bersama dari Jalan Thamrin ke Istana Negara Jakarta. Di sini perempuan-perempuan berkumpul sambil membawa poster bertuliskan isi hati kita selama ini. Tentang pelecehan seksual yang marak terjadi, catcalling yang juga sering dialami perempuan di Jakarta, sampe tentang sistem metabolism menstruasi yang masih dianggap jijik. Berhenti di depan Istana Negara peserta yang ikut Women’s March Jakarta menyampaikan tuntutannya kepada pemerintah.

3. OHIO

Berbeda dengan bentuk perayaan IWD sebelumnya, di Ohio ini nggak ngadain symposium ataupun diskusi yang menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif. Melainkan mereka ngebuat acara live music, bazaar makanan, dan bazaar cocktail from local women. Kedengerannya lebih seru ya girls! Meskipun keliatan kayak acara hiburan biasa, tapi jangan salah di acara ini juga tetep bawa isu women empowerment kok, yaitu women to reflect the gender pay gap.

4. BANDUNG

Kota di Indonesia yang juga merayakan IWD adalah Bandung. Sama dengan di Jakarta perempuan-perempuan berkumpul dan melakukan parade sambal membawa poster-poster yang berisi tuntutan mereka atas ketidakadilan yang dirasakan. Parade Women’s March ini berakhir di depan Gedung Sate dan beberapa tuntutan dibacakan oleh perempuan-perempuan yang ikut aksi ini. Selain itu di Bandung juga ada performance arts dari Besti Rahul Asmoro untuk menyambut perayaan Women’s March ini.

5. DENVER, COLORADO

Di Denver ini  ngebahas tentang kesetaraan gender di tempat kerja. A lot of speakers from variety incredible women yang sharing tentang kisah mereka terkait kesetaraan gender di tempat kerja. Selain itu di sini peserta juga bisa makan siang bareng pembicara-pembicara keren itu setelah panel diskusi selesai.

 

6. CHICAGO, ILLINOIS

Di Chicago mereka ngerayain International Women’s Day with more upscale event. Maksudnya kalo kita emang nyari perayaan IWD yang sedikit lebih kelas atas, cocok banget untuk dateng ke sini. Beda sama acara di tempat lain, di sini acaranya lebih formal dengan acara makan malam, minum, dan banyak percakapan tentang prestasi perempuan and what's yet to come for women in the workplace.

7. SURABAYA

Kota yang baru pertama kali mengadakan aksi Women’s March tahun ini juga ikut menyampaikan tuntutan-tuntutan hak perempuan di Indonesia. Di Surabaya para peserta yang ikut acara ini berjalan dari depan Loop Station dan berputar di depan Hotel Mercure sambil tentu saja membawa spanduk bertuliskan tuntutan dan isi hati kita. Baru pertama kali mengadakan aksi untuk merayakan International Women’s Day ini ternyata didukung karena adanya RKUHP yang keberadaannya mendiskriminasikan korban pelecahan seksual.

8. VIRGINIA

 

Perayaan di Virginia ini ngegabungin beberapa acara yang ada di tempat-tempat sebelumnya. Di sini perayaan International Women’s Day ngadain beberapa panel diskusi, ada juga hiburan yang ditampilin, dan kesempatan untuk berdonasi bagi semua peserta acara. Nah, jadi nggak hanya dapet ilmu, teman, kesenangan, di sini juga bisa jadi tempat kita melakukan kegiatan sosial. 

9. WISCONSIN

Acara ini nampilin beberapa pembicara dari seluruh dunia yang berkumpul untuk ngomongin kemajuan dan tantangan lanjutan bagi perempuan di tempat kerja di seluruh dunia. Dalam panel ini juga dibahas gimana hal tersebut dibandingkan dengan situasi saat ini di Amerika. Jadi semacam diskusi sama pembicara-pembicara from around the world untuk ngebandingin kondisi di Amerika. Seru banget ya girls.

10. TENNESSEE

Nah, yang ini bener-bener beda dari perayaan yang lain. Di Tennessee mereka ngadain acara bukan dengan diskusi, panggung hiburan, makan formal, atau yang lainnya. Tapi mereka ngadain kelas yoga gratis with like-minded women. Jadi selain bisa ketemu sama perempuan-perempuan keren, di sana peserta juga bisa dapet kesehatan dengan ikut yoga gratis.

Comment